Thursday, August 15, 2019

PANEL KONTROL LIFT BARANG OTOMATIS

Hallo Sobat sobat Penggemar listrik...

 Pada Topik lain pernah di bicarakan tentang Panel Kontrol Lift Barang Manual, pada pertemuan kali ini akan kita bahas tingkat lanjut dari panel tersebut yaitu Panel Kontrol Lift Barang Otomatis, dengan menambahkan beberapa sparepart.

Panel yang dimaksudkan adalah untuk mengontrol dan menjalankan Motor Induksi yang di gunakan sebagai penggerak utama dari Lift Barang, yang kita sebut sekarang adalah Panel Kontrol Lift Barang Otomatis, tentunya bekerja atas perintah dari operator pengguna peralatan tersebut dan akan berhenti sendiri jika telah sampai tujuan.

Persiapankan Bahan atau sparepart sebagai berikut :
  • Box Panel (ukuran sesuaikan dengan jumlah komponen)
  • MCB
  • Terminal Block 4 Kabel
  • Fuse Block 1 Way/ tabung
  • Magnetik Kontaktor 10A
  • SW Buton (ON)
  • SW Buton (OFF)
  • SW Level (NC)
  • Emergency Buton
  • Netral Busbar (Tembaga)
  • Kabel NYAF 0,5 sqmm

Bila semua bahan/ sparepart sudah tersedia, mkaka marilah kita mulai merangkai sparepart btersebut hingga bekerja sesuai rencana. Dibawah ini sudah saya buatkan skema/ wiring diagram agar memudahkan perangkaian Panel ini.
Lihat gambar berikut :

Wiring Diagram Panel Kontrol Lift Otomatis

Wiring diagram diatas dimaksudkan untuk menjalankan fungsi Motor Induksi agar dapat berputar bolak balik, CW (Clock Wise) dan CCW (Counter Clock Wise). Wiring ini hanya berlaku untuk Motor Induksi Single Phase.
Dalam skema tersebut terbagi 2 bagian yaitu isi panel kontrol dan remote hoist operator. untuk remote dapat dibuat sendiri oleh teman teman dengan sangat kreatif.

Disana terdapat 1 tombol Emergency, 2 tombol On, 1 Tombol OFF di fungsikan untuk menjalankan dan mematikan motor induksi CW dan CCW. Selain itu terdapat juga 2 buah sensor Switch Level untuk mentukan batas atas dan batas bawah tempat berhentinya keranjang beban lift tersebut. 
Bila motor induksi sudah di gabungkan dengan Lift Barang yang dimaksudkan (dihalaman lain blog ini) maka Tombol ON keduanya berfungsi untuk naik dan turun. Tombol ON di pencet bergerak, otomatis berhenti pada tempat yang ditentukan dengan sensor SW Level atas maupun bawah.ada pula tombol OFF dapat dipergunakan untuk memberhentikannya secara manual.

Dalam perancangan susunan wiring diagram panel ini sangat sederhana namun sudah dilengkapi dengan system Interlock, sehingga keamanan dari Motor induksi terjaga dengan baik, pada saat pengoperasian Lift Barang tidak khawatir dengan terjadi kesalahan pencet tombol yang jika tidak dilengkapi dengan system Interlock bisa terjadi hal2 tidak diduga / kerusakan terhadap peralatan listrik yang dipergunakan.

Demikian kiranya dapat bermanfaat buat teman pengemar listrik, kurang lebihnya mohon maaf..



No comments:

Post a Comment