Friday, August 9, 2019

PANEL ATS GENSET STARTER MANUAL UNTUK RUMAH TANGGA

Hallo sobat sobat kreatif...

Pada saat sekarang banyak sekali kebutuhan listrik di kalangan masyarakat terutama perumahan, baik rumah pribadi maupun di rumah toko ataupun rumah yang di jadikan tempat usaha kecil kecilan. Di beberapa tempat sering terjadi pemadaman listrik yang secara tiba tiba sehingga sangat menyulitkan bagi pemakai atau pengguna jasa listrik jika dalam keadaan seperti itu.

Untuk mengatasi sering terjadinya pemadaman listrik, banyak orang yang memilih untuk menggunakan listrik cadangan seperti Genset yang sesuai pula dengan kebutuhan rumah tangga ataupun kebutuhan usaha rumahannya.

Dalam prakteknya sebenarnya biasa saja, listrik PLN padam maka pemilik rumah menyiapkan Genset untuk mengatasi hal tersebut. Pada penggunaan Genset seperti itu banyak cara yang di pergunakan untuk mengganti Listrik PLN ke Genset, dengan berbagai cara, dan juga berbagai resiko yang akan di hadapinya. Contoh seperti mengganti jalur PLN dengan Genset menggunakan cara mematikan MCB Meter/ Listrik Pintar PLN dan kemudian memasang Steker (colokan listrik) yang sudah di persiapkan sebelumnya, ke salah satu stop kontak dari jaringan listrik rumah tersebut,kemudian genset dihidupkan (menarik tali staternya jika genset kapasitas kecil), dan alhasil listriknya dari sumber genset telah menyala. Praktis bukan?? hanya dengan modal mematikan MCB, listrik cadangan Genset bisa di pergunakan..... Pada penggunaan cara seperti itu banyak kekurangan-kekurangan yang cukup menyulitkan pemakai, harus extra hati-hati, dan juga harus sering mengecek apakah listrik PLN telah menyala atau belum, tidak nyaman bukan??

Disamping tidak merasa nyaman ada pula hal yang lebih penting lagi.... ada bahaya yang menanti bila salah mengoperasikan, atau lupa pada saat Listrik PLN hidup kembali dan tanpa sengaja langsung menghidupkan kembali MCB meter PLN, maka akan terjadi hubungan arus yang kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan pada Genset, dan bisa saja ada bahaya lain yang tidak diduga..

Untuk pemakai genset yang sudah mengetahui resiko-resiko itu maka akan menggunakan sebuah alat transfer manual yang banyak di jual di toko peralatan listrik, biasa di sebut dengan nama Ohm Saklar atau dengan nama kerennya COS (Change Over Switch), jika mempergunakan alat ini akan lebih mudah dan lebih nyaman, tidak khawatir terhadap resiko tabrakan antara Listrik PLN dan Listrik Genset, yang artinya aman bagi pemakai.

Contoh Ohm Saklar/ COS


Untuk lebih nyaman lagi dalam menggunakan Genset sebagai tenaga listrik cadangan, maka mari kita coba berkreasi dengan beberapa sparepart listrik yang banyak di jual di toko peralatan listrik.
Kali ini kita coba merakit Panel ATS Genset, untuk memenuhi kebutuhan listrik baik di dalam rumah tangga ataupun di tempat usaha agar lebih nyaman dan praktis.

Sebelum kita mulai merakit mari kita mempersiapkan Alat dan bahan/ sparepart untuk memenuhi praktek pembuatan dan perakitan, sebagai berikut :

BAHAN : (Sparepart), cari dan lihat disini
  1. Box Panel
  2. Magnetik Kontaktor (NO+NC)
  3. Timer Relay
  4. Relay LY2
  5. Braket Timer Relay
  6. Braket Relay LY2
  7. MCB
  8. Fuse holder
  9. Rel MCB
  10. Kabel Duct PVC
  11. Kabel
  12. LED Indikator
  13. Skoen kabel


CARA KERJA

Sekarang kita bahas cara kerjanya Panel ATS Genset yang praktis ini, pada saat panel bekerja dengan sumber listrik PLN menghidupkan listrik rumah secara normal, saat tiba-tiba Listrik PLN padam, maka Panel akan bekerja mematikan sambungan Listrik PLN, menghidupkan (ON) saklar Mesin Genset dan Standby menunggu Genset dihidupkan secara manual (di starter manual/ ditarik talinya). Pada waktu genset telah hidup dan MCB genset sudah ON, maka Panel tersebut sudah mulai bekerja untuk menghidupkan/ menyambungkan Listrik yang berasal dari genset untuk masuk ke dalam jaringan listrik rumah dengan aman.
Dan kemudian pada saat Listrik PLN telah hidup kembali, maka Panel akan bekerja memutus arus Listrik Genset dan menyambungkan arus listrik PLN untuk masuk ke jaringan listrik rumah dan terakhir mematikan genset kembali seperti semula secara aman dan nyaman tanpa merepotkan. Demikian system dan cara kerja Panel ini.


MERAKIT

Posisikan Bahan / Sparepert yang telah di persiapkan sesuai posisi yang telah di rencanakan sehingga tertata dan terlihat rapih layaknya sebuah Panel Listrik. Lakukan penyambungan kabel secara rapih dan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sesuai dengan gambar dibawah. Hasil kerapihan pengkabelan itu juga tergantung dari sobat-sobat sendiri yang merakitnya. Dalam proses pengkabelan di setiap ujung kabel agar di pasang skoen kabel agar saat konekting pada sparepart bisa terkoneksi dengan baik juga terlihat rapih.



Dari Gambar diatas terlihat posisi sparepart yang akan dipasang pada panel box, dan tidak terlihat jalur kabel, namun pada gambar tersebut terlihat label nomor atau kode untuk dijadikan acuan untuk penyambungan kabel, sambungkan saja kabel dari nomor/ label yang sama hingga pada akhirnya semua sparepart terkoneksi dengan baik sesuai rancangan. Terdapat Timer Relay yang berfungsi untuk mengatur jeda antara saat Listrik PLN atau Listrik Genset aktif namun arus listrik itu tidak langsung menuju Jaringan rumah, agar Jaringan rumah dan peralatan didalamnya dapat terhindar dari gangguan tegangan lebih dari PLN maupun dari Genset. Timer tersebut dapat di seting waktu sesuai dengan keinginan pemakai.

Ada beberapa titik label yang perlu di diketahui sebelumnya, yaitu :

  • P    = Kabel phase dari PLN
  • N1 = Kabel Netral PLN
  • G   = Kabel Phase dari Genset
  • N2 = Kabel Netral dari Genset
  • L   = Kabel Line Phase ke Jaringan Rumah
  • N  = Kabel Netral ke Jaringan Rumah
  • SW = Dikoneksikan ke Swtch Engine Genset

Demikianlah praktek kali ini semoga dapat bermanfaat untuk sobat kreatif, lebih dan kurang atas penjelasan ini mohon maaf sebesarnya dan jangan sungkan untuk bertanya ataupun memberi masukan atas kekurangan rancangan agar dapat di perbaiki. Untuk desain panel ini dibuat sepraktis mungkin dengan menggunakan sparepart yang sangat sedikit jumlahnya dengan tujuan agar mudah di pelajari. Itulah sobat sobat kreatif sampai disini, jumpa lagi di topik lain yang lebih seru...hormat...















No comments:

Post a Comment